Welcome to "Blogspot Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon"

Minggu, 18 Desember 2016

Kongres Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia IX Tahun 2016

I.            LATAR BELAKANG
Sebagai salah satu Program studi terbaik di Indonesia, ekonomi pembangunan/ilmu ekonomi telah menghasilkan jutaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Perkembangan ekonomi Indonesia baik skala nasional maupun internasional tidak terlepas dari peran serta ekonom-ekonom yang memilik negara ini. Kemampuan lembaga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dalam menciptakan atmosfir pembelajaran tentu juga menjadi faktor utama terbentuknya SDM berkualitas, termasuk atmosfir sosial dan budaya. Faktor inilah yang menjadi value added bagi Provinsi D.I Yogyakarta dengan julukan “Kota Pelajar”dan “Kota Budaya”. Keadaan inilah yang membuat banyak pemuda Indonesia tertarik menjalani studi pendidikan khususnya perguruan tinggi di provinsi ini. Selain itu, kualitas perguruan tinggi dan jurusan yang dimiliki provinsi ini juga menjadi aspek daya tarik tersendiri bagi generasi muda.
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan universitas yang sangat menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengembangan akademis, penelitian, dan pengabdian masyarakat merupakan hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sebagai agent of change mahasiswa dituntut untuk memiliki soft skill dan hard skillyang dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Sebagai salah satu Universitas terakreditasi “A”di Kota Yogyakarta, UMY telah menjadi salah satu alternatif generasi muda dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terkhusus untuk jurusan ekonomi pembanguan/ilmu ekonomi UMY yang juga terakreditasi “A”.
Sejarah perkembangan program studi ekonomi pembangunan/ilmu ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari sejarah kota Yogyakarta. Pada tanggal 9 Oktober 1999, Yogyakarta menjadi saksi lahirnya “Rekomendasi Jogja”sebagai salah satu peletak sejarah berdirinya organisasi mahasiswa program studi ekonomi pembangunan/ilmu ekonomi se-Indonesia bernama Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI). Bahkan jabatan sekretaris jenderal IMEPI pertama, berasal dari salah satu universitas terbaik di Kota Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Aspek-aspek itulah yang menjadi pertimbangan beberapa pihak khususnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengajukan diri sebagai tuan rumah Kongres IMEPI IX 2016. Bak gayung bersambut, beberapa universitas yang tergabung dalam organisasi IMEPI mendukung kota Yogyakarta dan UMY sebagai tuan rumah salah satu perhelatan akbar mahasiswa nasional ini. Tidak hanya itu, tepilihnya UMY sebagai tuan rumah juga menghadirkan prestasi tersendiri. UMY menjadi Universitas swasta pertama yang terpilih melaksanakan kegiatan ini sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2000. Untuk itu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia melaksanakan kegiatan bertajuk KONGRES IMEPI IX 2016 dengan tema “Sinergitas Semangat Ekonom Muda, Dari Kota Pelajar untuk Indonesia”.

File Lengkap, silhkan unduh disini

Dokumentasi
Kongres Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembanguan Indonesia IX
Tahun 2016
 Presentasi Pandangan Ekonomi Indonesia Terhadap Pembangunan Di Wilayah Maluku

 
Memberikan Sanggahan Dalam Kongres IMEPI IX 2016 Oleh Delegasi Dari Unpatti Ambon


 Pelantikan Presnas (Presidium Nasional IMEPI 2016-2018)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Ekonomi Pembangunan | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Themes by NewBloggerThemes.com